Smart, Progresif, and Transformative

selamat datang di Buletin 73, media ini sebagai informasi dan tukar pengetahuan antar sesama manusia. siapa saja yang berminat menulis ataupun memberikan suatu informasi yang bermanfaat, layangkan tulisan anda ke "buletin73@gmail.com"
salam Editorial.
(bagi yg Upload tolong tulisan yg akn di upload Rata kanan n Kiri, dan dirapikan, Editorial)
Kami bukan dewa, bukan sang pencipta, jadi kritik Kami!!!

Jumat, 13 Juni 2008

Sorot

“Hadapilah dengan senyuman semua yang terjadi biar terjadi,

Hadapi dengan tenang jiwa semua akan baik-baik saja…”.(Dhani Ahmad)

2 juli 2007 hari pemberangkatan KKN tematik unit 73 di berangkatkan ke lokasi tepatnya di dusun puton desa trimulyo kecamatan jetis kabupaten bantul Yogyakarta. KKN unit ini mengusung tema mengenai prasarana fisik, baik itu berupa perbaikan maupun pembangunan fasiltas umum. Fasilitas umum yang dimaksud adalah segala sesuatu hal yang berkaitan dengan kepentingan besama, misalnya WC umum, Masjid, jalan dusun, dll, semua berkaitan dengan kepentingan masyarakat yang sifatnya dapat bermanfaat demi kelangsungan hidup bersama dan bermasyarakat. Desa puton merupakan salah satu tempat yang dilanda bencana gempa bumi dari kabupaten bantul. Kerusakan prasarana fisik masih terlihat di desa puton ini terlebih mengenai fasilitas umum, namun tingkat kerja keras dan inisiatif swadaya masyrakat yang tinggi yang membuat masyrakat tidak bermanja-manja dalam menghadapi masalah akibat pasca gempa. Kehidupan masyarakat puton sangat bersahabat dan memiliki semangat gotong royong yang tinggi, ini terlihat dari beberapa kegiatan masyrakat yang saling tolong menolong dan menyelesaikan sesuatu secara musyawarah dan kekeluargaan. Kita tak harus terjebak dalam ketakutan yang ada, ketakutan hanyalah bayang-bayang yang sangat menakutkan kita harus bangkit dari ketepurukan yang ada, itulah semangat yang dibangun di desa puton, semangat untuk bangkit.

Observasi dan Identifikasi permasalahan

“Optimalkan pikiranmu, lihat, dengar dan rasakan apa yang ada dihadapanmu”.

Seminggu telah kita melakukan observasi dan mengidentifikasi permasalahan yang ada di desa puton, dari tiap-tiap sub unit telah melakukan survei dan wawancara terhadap pengurus RT maupun langsung interaksi dengan warga. Banyak hasil-hasil yang di dapat dari observasi yang berguna untuk menentukan program yang akan kita buat. Namun yang menjadi pertanyaan apakah observasi itu mutlak keinginan masyarakat atau ada unsur subjektifitas dalam penentuan permasalahan. Teori yang didapatkan dari akademik universitas belum tentu sama aplikasinya dengan yang ada dilapangan, KKN adalah suatu bentuk aplikasi civitas akademik untuk menerapkan ilmu yang didapat dalam pemberdayaan masyarakat, disinilah kita belajar bagaimana bersosialisasi dan berinteraksi dengan masyarakat.

Kejelasan dana

Dari rapat forum besar yang diadakan pada hari Selasa, 10 Juli 2007 yang direncanakan dimulai pada pukul 13.00 tapi sepertinya waktu kita sendiri yang mengatur, bukannya kita yang diatur waktu, sehingga rapat forum dimulai pada pukul 13.45. Dalam diskusi forum telah di temukan titik terang bahwa dana pihak sponsor pasti turun, dan kesepakatan yang diambil bahwa dana tersebut di bagi rata antar sub unit dan mendapatkan Rp.1.250.000/sub unit dengan perincian Rp.1.000.000 dialokasikan sub unit dan Rp.250.000 dikembalikan ke unit sebagai dana cadangan yang berguna untuk program lainnya.

Kemudian mengenai kejelasan dana transport telah disepakati bahwa sisa dana tersebut akan dialokasikan untuk acara kita dan untuk kita, seperti misalnya perpisahan KKN, ataupun memberikan kado untuk acara perpisahan. Dana khusus program untuk program, dana yg diperuntukan buat kita untuk kita. Dalam forum yang diadakan selasa siang tersebut juga menawarkan kepada teman teman unit untuk mengikuti training manajemen bencana yang di adakan oleh LSM Muslim Aid. (malaikat_kiri)

1 komentar:

fosil73 mengatakan...

wah rekayasa yang abolute ni..... kasih informasi yang benar donk bung....
ha....3xxx
tapi sip....sip bagus lah...
ada perkembangan kau,,,,,